Home » » Tata Cara Umroh Dan Persyaratan nya

Tata Cara Umroh Dan Persyaratan nya

Tata Cara Umroh Lengkap Sesuai Dengan Ketetapan Sunnah 



SEPUTAR UMROH & HAJI·APRIL 


Tata Cara Umroh –  Seperti yang diketahui bahwa ibadah umroh merupakan bagian dari ibadah yang sudah ditentukan berdasarkan rukun, syarat, tempat, berserta waktunya, dan apabila diibaratkan dengan pelaksanaan pada ibadah sholat yang diawali dengan niat serta diakhiri dengan salam. Dalam ibadah umroh inipun juga diawali dengan niat berumroh yaitu dengan berihram serta diakhiri dengan bertahalul yaitu dengan kegitan pencukuran pada sebagian rambut, dalam hal ini maka perlu anda perhatikan bahwa tata cara umroh haruslah anda lakukan secara baik dan benar sesuai dengan ketetapan sunnah yang telah ada.

Umroh-Plus-Turki-1


Apabila anda ingin melaksanakan ibadah sunnah yang satu ini yaitu umroh maka pilihan yang tepat jika anda menentukan untuk melaksanakan ibadah umroh bersama journey alshaumroh.com, sebab apabila anda dapat bergabung bersama kami akan anda akan bisa merasakan kenyamanan dalam beribadah sebagaimana mana yang anda inginkan dan yan anda butuhkan, semua kebutuhan yang anda butuhkan akan kami persiapkan dan kami kerjakan dengan sedemikian rupa untuk dapat membantu kenyamana anda saat melakukan semua proses dalam melanjalankan kegiatan umroh, yang merupakan salah satu ibadah sunnah yang dilaksanakan oleh para umat islam diseluruh dunia.

Dalam tata cara umroh pada pelaksanaannya dengan menggunakan travel alshaumroh.com ini akan kami jelaskan secara jelas dan rinci, dalam tata cara pelaksanaan ibadah umroh seperi pada pelaksanaan ibadah umroh yang semestinya yang sesuai dengan ketetapan sunnah yang  diawali  dengan berihram yang dibulai pada miqat-miqot yang telah ditentukan, yang dapat dijelaskan dengan maksud sebagai berikut miqat itu sendiri yaitu sebuah garis yang diibaratkan sebuah garis begin untuk seorang jama’ah yang akan pelaksanakan baik ibadah umroh maupun ibadah haji, atau yang bisa dikatakan sebagai tempat berihram dalam niat umroh dan juga tempat masuknya seorang jama’ah kedalam kegiatan pelaksaaan ibadah umroh yang akan dilaksanakannya.

Kegiatan dalam pelaksanaan ibadah umroh pada alshaumroh.com ini memiliki tata cara umroh yang akan dimulai dengan miqdat yang akan dilaksanakan dari mulai Dzul Hulaifah untuk kemudian menuju ke Masjid Al-haram. Untuk tata cara pada pelaksanaan ibadah umroh yang sesuai dengan ketetapan dunnah yang juga disertai dengan bacaan yang benar, maka perhatikanlah ulasan berikut ini :

Kegiatan pada pelaksanaan umroh ini akan diawali dari bandara untuk menuju ke masjid miqat Dzulhulaifah atau Abyar ‘Ali., lalu setelah itu mempersiapkan kegiatan yang akan dilakukan sebelum ihram misalnya saja mandi, kemudian memakai pakaian ihram, lalu berwudhu dan juga shalat sunnah ihram yang dilakukan sebanyak 2 raka’at. Kemudian janganlah lupa untuk membaca niat ikhrom berikut ini : “Labbaikallahumma ‘umratan “ yang artinya “ Aku sambut panggilan – Mu Ya Allah untuk berumrah “.

Dan ada beberapa hal yang perlu diberhatika dalam tata cara pelaksanaan umroh ini yaitu ketika anda telah memakai pakaian ihram dan juga setelah berniat untu melakukan kegiatan pada ibadah ini maka anda tidak boleh melakukan beberapa kegiatan yang dilarang, sebagai berikut :

Larangan diperuntukan bagi pria dan wanita yaitu sebagai berikut :


Anda dilarang menggunakan parfum ( wewangian ), tetapi apabila telah digunakan sebelumnya maka tidak apa – apa
Ada dilarang untuk mencukur maupun mencabut rambut badan serta dilarang memotong kuku

Anda dilarang melakukan penganiayaan dan pembenuhuhan terhadap binatang bagaimanapun caranya


Anda dilarang untuk kawin, bersetubuh dan sebagainyaAnda dilarang mengatakan kata – kata kotor apalagi mencaci atau memaki dan juga bertengkar


Anda juga dilarang untuk melakukan pemotongan pada pohon – pohon yang ada disekitar tanah haram.

Larangan yang diperuntukan khusus bagi kaum pria :

Anda dilarang mengenakan pakaian biasaAnda dilarang untuk mengenakan sepatu yang dapat menutupi mata kakiAnda dilarang mengenakan penutup kepala yang sangat menempel dengan kepala misalnya saja topi 


ataupun p.C.Larangan yang diperuntukan khusus bagi kaum wanita :Anda dilarang menggunakan kaos tanganAnda dilarang untuk menutup muka

Dalam kegiatan perjalanan menuju ke Makkah, pada pelaksanaan tata cara umroh yang sesuai dengan ketetapan sunnahnya maka perbanyaklah untuk berdzikir dengan membaca talbiyah, dengan bacaan berikut ini :

“Labbaikallahumma labbaik, labbaika la syarikalaka labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulka los angeles syarika lak“ yang artinya “ 

aku datang memenuhi panggilan – Mu Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan – Mu, aku datang memenuhi panggilan – Mu tidak ada sekutu bagi – Mu, aku datang memenuhi panggilan – Mu, sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik – Mu, tidak ada sekutu bagi – Mu”

Dan setelah tiba di Masjid Al-Haram, masuklah dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dulu, dengan membaca : “ 

Allahumma antassalam wa minkassalam wa ilaika ya’udussalam fahayyina rabbana bissalam wa adkkhilnaljannata darassalam tabaraka nrabbana wa ta alaita yazal jalali wal ikhrami. Allahummaftahli abwaba rahmatika bismillahi walhamdulillahi wassalatu wassalamu’ala rasulillah “. 

Yang artinya “ Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan Kepada – Mu kembalinya keselamatan. 

Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selmat sejahtera dan masukamlah kedalam surge negri keselamatan,. Maha bantak anugrah – Mu dan Maha Tinggi Engkau. Wahai Tuhan yang memiliki keangungan dan kehormatan. Ya Allah bukalah untukku pintu rahmat – Mu ( aku masuk masjid ini ) denga nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta salawat dan salam untuk rasulullah”.

Setelah itu melakukan kegiatan tawaf dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, pada posisi Ka’bah yang berada disebelah kiri.

Kemudian melakukan kegiatan Sholat 2 rakaat dihadapan makam Ibrahim. Dengan tata cara sholat yaitu pada rakaat pertama bacalah surat Al-Fatihah lalu bacalah surat Al-Kaafiruun. Dan kemudian pada rakaat kedua lalu bacalah surat Al-Fatihah yang kemudian disambung dengan bacaan surat Al-Ikhlas.

Setelah itu anda bisa beristirahat sebentar dengan meminum air zam-zam dan berdo’a dengan membaca seperti berikut ini : 

“Alloohumma innii asaluka’ilman nafi;an wa rizqon waasi’an wa syifaa’an min kulli daa’in wa saqomin bi rohmatika ya arhamar roohimiin“. 

Yang artinya “Ya Allah aku mohon pada – Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan kesembuhan dari segala rasa sakit”

Setelah itu melakukan kegiatan sa’i dengan antara bukit Safa dan ke bukit Marwah dengan sebanyak 7 kali.

Kemudian sampailah anda pada tahap akhir  pelaksanaan tata cara umroh dengan ketetapan sunnah yaitu tahallul, yang disertai dengan tanda berupa kegiatan bercukur rambut. Baik untuk kaum wanita maupun pria, untuk para kaum pria boleh mencukur rambutnya pendek dan boleh juga dicukur gundul tetapi disarankan bagi para kaum ria untuk dicukur gundul, sedangkan untuk para kaum wanita boleh dpoting merata atau sebagi dengan panjangnya sekitar kurang lebih 2 cm. 

Dengan membaca bacaan sebagai berikut : “Allahummaj’al likulli sya’ratin nuran yaumal qiyamah“.

Dengan begitupun anda telah sampai pada setiap tahapan pada tata cara umroh yang sesuai dengan ketetapan sunnah dalam pelaksanaannya, yang telah kami jelaskan secara singkat dalam perjalanan dari tour umroh alshaumroh.com ini yang akan dapat anda laksanakan dengan sesuai pada ketentuannya.

Pelaksanaan pada tata cara umrohpun telah dapat terselesaikan dengan baik dan tenang apabila anda memilih journey alshaumroh.com kami ini, dengan melakukan kegiatan pelaksanaan pada tata cara umroh yang sesuai dengan ulasan singkat yang telah kami jelaskan diatas, maka andapun akan bisa merasakan kenyamanan dan ketenangan dalam beribadah dengan semestinya ibadah umroh seharusnya dilakukan leh para Jemaah islam .

Dan kami berharap semoga anda bisa mendapatkan iabadah umroh yang dapat terlaksanan dengan mabrur (diterima), sehingga ibadah yang anda lakukan tidak sia – sia sebab anda dapat melaksanakan tata cara umroh dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang telah pihal travel si alshaumroh.com berikan dalam ulasan diata.

Dan juga semoga Allah dapat memberikan anda kemudahan pada kesehatan anda baik jasmani mapun rohani dalam melaksanakan semua yang menjadi perintah-Nya dengan kondidi yang maksimal. Yang sekiranya anda berkenan untuk mempercayakan ibadah haji anda pada travel alshaumroh.com ini, dan kami akan memberikan anda pelaksanaan pada tata cara umroh yang sesuai dengan ketetapa sunnahnya.

Sebab kami tour alshaumroh.com akan dapat membantu anda dala melakukan kegiatan pelaksanaan pada ibadah umroh dengan tata cara umroh yang benar dan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam ketetapan sunnahnya.

LOKASI MANASIK HAJI




Lokasi Manasik Attin

Jl. Asrama H. Pd. Gede, RT.1/RW.1, Pinang Ranti, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13560








APA SAJA POINT PLUS KAMI



  1. Amanah & profesional.

  2. Terjamin berangkatnya.

  3. Resmi Ustadz Ahmad Al-Habsyi.

  4. Teori dan praktek di asrama haji Pondok Gede.

  5. Sesuai Ahlus Sunnah Wal Jam'ah.

  6. Harga wajar untuk tiap orang.

  7. Tidak ada biaya lagi di kemudian hari.

  8. Gedung Kantor Jakarta Milik Sendiri